Persispan CPNS 2014 : Tips Mengikuti Ujian CAT CPNS

Written By Admin on Wednesday, February 12, 2014 | 9:08 AM

Bagi teman-teman sekalian yang belum berhasil di CPNS 2013 atau masih nunggu pengumuman CPNS KEMDIKBUD mungkin bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi CPNS 2014. Seperti diketahui bahwa tes CPNS menggunakan LJK atau CAT, pada kesempatan ini akan saya bagikan pengalaman salah seorang peserta tes CPNS yang menggunakan metode CAT. Semoga bermanfaat.

Saya ingin berbagi pengalaman untuk menghadapi ujian CAT CPNS berdasarkan pengalaman pribadi, bagi yang pengen mencoba monggo, nggak ya nggak apa-apa, intinya saya cumin pengen berbagi pengalaman aja. Dalam pembahasan saya kali ini saya akan mencoba berbagi tips mengerjakan soal CAT CPNS dari BKN dengan beberapa asumsi :

CAT masih diselenggarakan oleh BKN dengan komposisi soal TWK, TIU, TKP sejumlah 100 soal dikerjakan dalam waktu 100 menit dengan database hampir sama dengan tahun 2013 sesuai dengan pengalaman saya waktu mengikuti CAT.

Database soal/bank soal dari BKN, ini bisa dirandom oleh server CAT, namun isinya tetap sama, berharap databasenya masih tetap sama seperti 2013, kalaupun ada penambahan atau perubahan paling hanya beberapa persen.

Saya tidak menjanjikan skor CAT tinggi, karena skor tinggi tidak menjamin lolos TKD karena ada passing grade di tiap2 komponen soal TKD yaitu TWK, TIU dan TKP, mungkin passing grade yg akan ditetapkan berbeda dari 2013, semoga saja tidak.

Kita mulai aja yak pembahasan to the point seputar kisi-kisi soal CAT yang sering muncul :

TWK ( Tes Wawasan Kebangsaan) menguji kita dalam memahami Negara Indonesia, karena kita akan bekerja di instansi pemerintah sebagai PNS kita harus mengenal lebih dalam tentang system pemerintahan, dalam tes ini yang wajib muncul adalah tentang Pancasila (sejarah perumusan, tokoh perumus, implementasi sila-sila dalam kehidupan sehari-hari, Tap MPR tentang Pancasila) tipsnya kalian bisa browsing bisa dari Wikipedia atau google dengan keyword “Pancasila” pahami semua materi di dalamnya, UUD45 (pasal-pasal, sejarah, amandemen, pokok pikiran, isi dari pembukaan), tanggal bersejarah, tipsnya adalah kalian bisa download UUD45 terbaru di internet, browsing dengan keyword UUD45, untuk sejarah UUD45 mulai dari perumusannya bisa di Wikipedia.com disana tersedia lengkap, hafalkan dan pahami secara urut kejadian ini lebih memudahkan jika suatu saat ditanyakan tanggal kejadian event sejarah.

Khusus UUD45 jangan hafalkan secara textbook, nanti anda akan ketemu soal berupa suatu kondisi apabila terjadi sesuatu bagaimana solusinya menurut UUD45 seperti contoh apabila Presiden dan Wapres berhalangan menjalankan tugas maka siapakah yang akan menggantikannya menurut UUD45, selain itu tentang lembaga tinggi Negara seperti DPR MPR hafalkan komisi-kommisi di DPR beserta bidang tugasnya, komposisi jumlah keanggotaan fraksi di DPR juga.

Cari materi tentang event sejarah seputar Perang Kemerdekaan mulai dari Pra Proklamasi (Peristiwa Rengasdengklok, perumusan naskah proklamasi), Proklamasi Kemerdekaan (pengibar bendera), Pasca Proklamasi mulai dari tokoh terkait sampai penyebaran berita tentang proklamasi.

Event Kebangkitan Nasional dimulai dengan nama-nama organisasi kepemudaan yang timbul pada era tersebut, tokoh serta peranannya dalam usaha kemerdekaan. Kebijakan pada masa kolonial seperti tanam paksa, UU Agraria beserta tokoh penggagasnya, peninggalan sejarah kerajaan di Nusantara juga ada, Selain tentang Sejarah Indonesia ada juga soal tentang kehidupan zaman pra sejarah di Indonesia mulai dari nama latin manusia pra sejarah yang ditemukan di Indonesia, daerah penemuan, nama penemu, kehidupan zaman prasejarah seperti Mezolitikum, Megalitikum dll beserta ciri-cirinya, bangunan (seperti Dolmen, Menhir, Sakrofagus, abris souc rouche, kjokenmodinger) dan alat yang digunakan pada zaman tersebut, corak kebudayaan masyarakatnya (berburu dan meramu, bercocok tanam dll). Berdasarkan Passing Grade tahun 2013 minimal 20 jawaban yang benar dari 50 soal yang ditanyakan agar bisa berlanjut ke proses langkah selanjutnya.

TIU ( Tes Intelegensi Umum) menguji pengetahuan umum, intelegensi dasar, logika, pola pikir dan kemampuan berhitung sederhana nantinya akan berguna ketika kita bekerja dalam mengambil keputusan. Disini kalian akan bertemu dengan soal sinonim dan antonym suatu kata, kadang kata tersebut jarang kita dengar, ada juga kata dari serapan bahasa asing, tipsnya kalian bisa membaca buku soal latihan CPNS atau kalian bisa baca soal CPNS yang sudah dishare temen2 di tahun 2013 lalu ada di page one trit CPNS, klo ada kata yang belum dimengerti bisa dicari artinya di google atau di artikata.com.

Selain sinonim/antonim kalian akan bertemu soal deret aritmatika, berupa barisan angka-angka yang membentuk suatu pola tertentu, kalian diminta untuk menentukan 1 atau 2 angka selanjutnya, jika beruntung akan bertemu soal yang polanya gampang ada yang tinggal ditambah atau dikali ada juga kombinasi dan harus dikerjakan dalam 3 langkah, seperti loncat dua angka dua angka kemudian dikali 2 angka 2 angka.

Ada juga soal tentang bangun ruang dan bangun datar tipsnya kalian harus menghafal rumus dasar waktu sekolah dulu, pengalaman saya soal seperti ini paling tidak keluar 1 atau 2 biji, ada juga soal hitungan sederhana berupa soal cerita tentang prosentase untung rugi, pembagian warisan dengan prosentase tertentu, soal logika berupa premis, silogisme (kalian bisa browsing bagaimana menyelesaikan soal logika berupa premis) jika kalian paham kuncinya disinilah kalian bisa mendulang poin TIU tanpa harus pusing berhitung angka, pengalaman saya soal logika premis ini bisa muncul sepertiga dari soal TIU.

Tips untuk soal hitungan TIU jika kalian sudah mentok waktu dan pikiran, kalian bisa nembak jawaban tapi jangan asal nembak, perhatikan susunan opsi jawaban..biasanya opsi jawaban tersusun mulai dari A-E berurutan, cari yang paling beda sendiri, kemungkinan itulah jawabannya. Selain soal hitungan ada pula soal sejarah dunia, seperti peninggalan bersejarah dunia di Mesir dan Yunani beserta tokoh terkenal di dalamnya, peristiwa Perang Dunia I dan II beserta tokohnya, Organisasi Internasional beserta fungsinya, Revolusi dunia seperti Revolusi Perancis, Amerika, Rusia, Runtuhnya Uni Sovyet.

minimal 30 jawaban yang benar dari 50 soal yang ditanyakan agar dapat melangkah ke proses selanjutnya

TKP ( Tes Karakteristik Pribadi) disini kita dihadapkan pada soal yang akan mengukur kepribadian kita, tidak ada jawaban betul atau salah, yang ada hanyalah pilihan jawaban dengan penilaian menggunakan skala skor rentang 1-5 semakin ideal karakteristik yang kita pilih maka semakin besar poin yang kita dapat, yakni 5 poin. Sebenarnya TKP ini kalau saya merupakan ladang perburuan poin, karena menurut saya paling mudah dan tidak perlu memeras memory hafalan pengetahuan umum, rumus dan angka, cukup posisikan kita sebagai seorang PNS abdi masyarakat yang baik, berdedikasi dan loyal terhadap Negara.

Tips mengerjakan bagian ini adalah sebagai berikut :
Posisikan kalian sebagai PNS yang akan melayani masyarakat dengan baik. Apabila menemukan soal harap diperhatikan benang merahnya, soal ini maunya seperti apa, dalam artian kita akan diuguhkan suatu peristiwa di dunia kerja PNS dan bagaimana kita harus bersikap,
misal : Anda ditugaskan sebagai pimpro dalam sebuah proyek, maka yang harus anda lakukan adalah (kita lihat soal ini benang merahnya adalah pimpro, seorang pimpro idealnya dalam memegang proyek harus memiliki sikap mental yg jujur dalam memegang anggaran proyek, memiliki kecakapan dibidangnya) maka pilihlah pilihan jawaban yang menggambarkan sikap kejujuran seorang PNS misal membuat rencana anggaran belanja /RAB proyek sedetail mungkin dan membuat pertanggung jawaban secara baik utk dilaporkan kepada atasan.

Dalam memilih jawaban jangan terlalu lama direnungkan, waktu terus berjalan, gunakan intuisi kalian, semakin lama dibaca maka akan menimbulkan ambiguitas jawaban.

Aspek yang perlu ditonjolkan untuk menjadi seorang PNS yang ideal adalah sebagai berikut :
Loyalitas pada Negara/Instansi, Pimpinan dan pekerjaan yg kita emban
.
Sebagai pelayan masyarakat kita harus mengedepankan pelayanan prima dalam bekerja melayani masyarakat.

Jujur dan bertanggung jawab sesuai prinsip Good Governance.

Mampu beradaptasi di lingkungan yang baru dan berbeda serta dapat bekerja-sama dengan rekan kerja kita.

Inovatif dan memiliki inisiatif yang tinggi tanpa disuruh.

Apabila diperlukan pilihlah jawaban yang memberikan gambaran rela berkorban, tanpa mengeluh dan memiliki semangat juang dan integritas yang tinggi terhadap pekerjaan kita.

Sejauh ini nilai TKP saya diatas 160-an di 2 Kementerian dengan menerapkan aspek tersebut di atas.
Selain tips di atas kertas..eh keyboard tersebut di atas jangan lupa ada hal diluar kemampuan kita yang turut mempengaruhi kita dalam menghadapi soal CAT ini, karena CAT adalah system computer dengan ribuan database soal, ada yang menurut kita gampang ada yang menurut kita susah, dan soal yang muncul akan dirandom, apabila kita mengikuti CAT di lebih dari satu tempat, ada kemungkinan kita dapat soal yang pernah kita hadapi, ada pula kita dapat soal yang pernah kita pelajari sebelumnya. Random merupakan keberuntungan, untuk mendapatkan keberuntungan yang berpihak pada kita maka usahakan sebelum kita klik tombol login berdoa kepada Tuhan agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal CAT dan mendapatkan random soal sesuai dengan yang kita pelajari sebelumnya, kalaupun harus nembak jawaban kita diberikan petunjuk oleh Tuhan agar tembakan kita tepat pada jawaban yang benar.

Tips diluar konteks soal CAT yang tidak kalah penting :
- Sebelum Ujian mohon doa restu orang tua dan keluarga terdekat
- Berdoa pada Tuhan sesuai kepercayaan masing-masing
- Beramal karena tidak ada kesusahan mendahului amal kebaikan.

Sekian tips menghadapi soal CAT dari BKN kemarin, CAT merupakan gerbang awal dalam serangkaian tes CPNS jadi persiapkan diri kalian dengan baik mulai dari sekarang, perkaya wawasan, sering nonton berita, mungkin database soal CAT akan ditambah atau diubah oleh BKN, semoga dapat bermanfaat buat kalian.

sumber : kaskus.co.id trit cpns...
NB : bagi anda yang ingin mendapatkan aplikasi CAT CPNS bisa download disini

0 comments:

Post a Comment